3 ORANG TERBAWA ARUS SAAT RIVER TUBING

MagelangKamis (02/03) tiga orang hanyut di Sungai Sono, Tegalrejo, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, saat bermain river tubing.

BASARNAS Kantor SAR Yogyakarta dan Tim SAR Gabungan memulai pencarian 3 korban, ketiga korban, yakni Agus Setiawan (30), Syamsul Maarif (30), dan Azis Muslim (30).

Agus Setiawan ditemukan dua kilometer dari lokasi dalam keadaan meninggal dunia dengan kaki terikat di ban yang digunakan untuk latihan, sedangkan dua korban lain yang hanyut masih dalam pencarian.

Kronologi kejadi mereka berlima berlatih river tubing atau kegiatan meluncur bebas di atas permukaan air sungai yang berarus ringan dengan menggunakan ban dalam mobil di Sungai Sono wilayah Desa Glagahombo yang berhilir di Sungai Elo pada pukul 15.00 WIB.

Mereka tidak mengetahui adanya peningkatan debit dan arus sungai dari atas dan pada saat bersamaan terjadi hujan pada pukul 16.30-18.30 WIB. dengan intensitas lebat sehingga mereka terbawa arus sungai , namun dua orang atas nama Cahyo dan dan Wildan selamat.

Kedua korban selamat tersebut dengan kondisi syok terus memberitahukan kepada warga jika tiga rekannya hanyut terbawa arus air.

Tim SAR Gabungan melakukan pencarian Kembali terhadap kedua korban yang belum ditemukan. Hingga pukul 21.30 WIB dan warga masih berkumpul di sekitar Jembatan Canguk, Kali Elo, untuk ikut melakukan pencarian.

Pencarian dilanjutkan hari kedua dengan metode penyisiran sungai dan pemantauan di titik-titik strategis. Korban ke-2 ditemukan pada hari jumat pukul 16.15 di muara sungai progo, karena arus kuat dan banjir sehingga korban sudah sangat jauh dari lokasi kejadian. Korban langsung dibawa ke RSUD Wates untuk dilakukan identifikasi, setelah teridentifikasi korban langsung dibawa oleh keluarga ke rumah duka.

Pencarian korban ke 3 masih terus dilanjutkan dengan metode yang sama, di hari ke-5 korban berhasil ditemukan tidak jauh dari lokasi penemuan korban ke 2 dan langsung dibawa ke RSUD Wates untuk dilakukan identifikasi dan selanjutnya dibawa ke rumah dukan oleh keluarganya. Dengan ditemukannya semua korban, operasi SAR dinyatakan ditutup dan personil yang ikut dikembalikan ke kesatuannya masing masing. (HMS)

Link Terkait
PEJABAT